• Baja karbon
• Baja
paduan
• Baja
pekakas & dies
• Baja
tahan karat
• Besi
tuang
Baja karbon
• Menurut
kadungan C
– Baja
karbon rendah: C<0,3%, utk baut, mur, lembaran, pelat, tabung, pipa,
komponen mesin berkekuatan rendah
– Baja
karbon menengah: 0,3%<C<0,6%, utk roda gigi, axle, batang penghubung,
crankshaft, rel, komponen utk mesin pengerjaan logam
– Baja
karbon tinggi: 0,6%<C<1,0%, utk mata pahat, kabel, kawat musik, pegas
Klasifikasi baja menurut AISI & SAE
Baja seri 1045 utk yoke ball
• 1045
termasuk seri 10xx atau seri baja karbon
• Angka
45 merupakan kandungan karbon = 45/100 % = 0,45%
Baja Paduan
• Baja
paduan rendah berkekuatan tinggi (high strength alloy steel)
– C<0,30%
– Strukturmikro:
butir besi-a halus, fasa kedua martensit & besi-d
– Produknya:
pelat, balok, profil
• Baja
fasa ganda (Dual- phase steel)
– Strukturmikro:
campuran besi-a & martensit
Baja paduan rendah berkekuatan tinggi
Cth. 50XF
50 Ã
kekuatan luluh 50x103 Psi
X Ã
paduan rendah
F Ã
kill + kontrol S
Baja tahan karat
• Sifatnya
tahan korosi, kekuatan & keuletan tinggi dan kandungan Cr tinggi
• Kandungan
lain : Ni, Mo, Cu, Ti, Si, Mg, Cb, Al, N dan S
Jenis baja tahan karat
• Austenitik
(seri 200 & 300)
– Mengandung
Cr, Ni dan Mg
– Bersifat
tidak magnit, tahan korosi
– Utk
peralatan dapur, fitting, konstruksi, peralatan transport, tungku, komponen
penukar panas, linkungan kimia
• Ferritik
(seri 400)
– Mengandung
Cr tinggi, hingga 27%
– Bersifat
magnit, tahan korosi
– Utk
peralatan dapur.
• Martemsitik
(seri 400 & 500)
– Mengandung
18%Cr, tdk ada Ni
– Bersifat
magnit, berkekuatan tinggi, keras, tahan patah dan ulet
– Utk
peralatan bedah, instrument katup dan pegas
• Pengerasan
presipitasi
– Mengandung
Cr, Ni, Cu, Al, Ti, & Mo
– Bersifat
tahan korosi, ulet & berkekuatan tinggi pada suhu tinggi
– Utk
komponen struktur pesawat & pesawat ruang angkasa
• Struktur
Duplek
– Campuran
austenit & ferrit
0 komentar:
Post a Comment