Diagram CCT

 Diagram CCT
Diagram continous cooling transformation, atau biasa disebut CCT diagram, merupakan diagram yang menggambarkan laju pendinginan continous dengan fase atau struktur yang terbentuk setelah terjadinya transformasi fase.
Gambar dibawah merupakan diagram CCT untuk baja karbon. Secara sistematika terlihat bahwa kurva pendinginan kontinyu dengan laju pendinginan berbeda akan menghasilkan fase atau struktur baja yang berbeda. Setiap kura pendinginan yaitu kurva a, b, dan c memperlihatkan permukaan dan akhir dari dekomposisi austenite menjadi fase atau struktur baja akhir.


Diagram CCT


Sebagai ilustrasi, baja karbpn mengandung 0,7% karbon yang telah diaustenisasi pada temperature 9200C, kemudian didinginkan dengan laju yang berbeda sampai temperature 2000C dan 2500C.
Kurva pendinginan a menunjukkan pendinginan secara kontinyu dengan sangat cepat dari temperature austenite sekitar 9200C ke temperature 2000C. laju pendinginan epa ini menghasilkan fase dekomposisi fase austenite menjadi martensite. Fase austenite akan mulai terdekomposisi menjadi marensite pada temperature Ms. Sedangkan akhir pembentukan martensite akan berakhir ketika pendinginan mencapai temperature Mf. Matrtensite finish.
Kurva b menunjukkan pendinginan kontinyu dengan laju secara sedang atau medium dari temperature 9200C ke 2500C. Dengan laju pendinginan kontinyu ini fase austenite terdekomposisi menjadi struktur bainit.
Kurva c menunjukkan pendinginan kontinyu dengan laju pendinginan lambat dari temperature 9200C ke 2500C. Pendinginan lambat ini menyebabakan fase austenite terdekomposisi menjadi ferrit dan pearlite.


Diagram CCT
Sumber : Auner. (1974:27)

Apabila terdapat pendinginan yang melewati dua fase seperti di titik A. Maka cara menghitung presentase fasenya adalah sebagai berikut:
%Fase bainit  = AB/BC x 100%

%Fase pearlit = AC/BC x 100%

0 komentar:

Post a Comment