CARBONITRIDING, NITRIDING,NITROCARBURISING

CARBONITRIDING

Karbonitriding, sianida kering atau nikarbing adalah suatu proses pengerasan permukaan dimana baja dipanaskan di atas suhu kritis dalam lingkungan gas dan terjadi penyerapan karbon dan nitrogen. Dapat digunakan gas ammonia atau gas yang kaya akan karbon. Lapisan yangtahan aus mempunyai ketebalan antara 0,08 sampai 0,75 mm. Keuntungan karbonitridng ialah bahwa kemampuan pengerasan lapisan luar meningkat bila ditambahkan nitrogen sehingga dapat dimanfaatkan baja yang relatif murah

NITRIDING
Nitriding adalah proses pengerasan permukaan dengan jalan mendifusikan unsur nitrogen ke permukaan larutan pada logam/baja dan besi cor feritik, yaitu dengan cara memanaskan dan menahan logam/baja dan besi cor tersebut pada temperatur dibawah temperatur kritis bawah (antara 500-590oC) selama periode waktu tertentu dalam kontak dengan gas atau cairan yang mengandung unsur nitrogen.
Seluruh baja dan besi cor yang dapat dikeras haruslah dikeraskan dan ditempe dahulu sebelum dilakukan proses nitriding, dimana temperatur tempering harus cukup tinggi untuk menjaga kestabilan struktur pada proses nitriding (minimal 10oC diatas temperatur nitriding).
Proses nitriding dilakukan dengan tujuan:
- mendapatkan kekerasan permukaan yang tinggi
- meningkatkan ketahanan pakai dan sifat “antigalling”
- meningkatkan ketahanan terhadap umur kelelahan
- meningkatkan ketahanan terhadap korosi
- meningkatkan ketahanan kekerasan permukaan terhadap kenaikkan tem peratur sampai temperatur nitriding.
Keuntungan lain yang diperoleh dengan proses nitriding ialah: distorsi dan deformasi minimum, karena temperatur pemanasan rendah. Di industri penggunaan proses nitriding terutama dilakukan terhadap :
- Komponen komponen mesin untuk kendaraan bermotor, antara lain:
- steering gears
- oil pump gears
- water pump gears
- cylinder heads
- cylinder liners
- crankshafts
- camshafts
- ball steering joint
- valves dan valves quiders
- rocker arm
- rocker shaft
- connecting rod

NITROCARBURISING
Proses nitrocarburizing merupakan proses pengembangan dari proses nitriding dimana keduanya sama-sama menggunakan unsur nitrogen serta bertujuan untuk mendapatkan kekerasan pada permukaan logam.

Kedalaman lapisan nitrida pada proses nitrocarburizing bergantung pada jenis material,temperatur dan lamanya waktu pemanasan. Dalam keadaan atmosfer yang kaya akan nitrogen maka hal ini akan mengurangi resiko dalam pembentukan sementit, melalui pengaturan aktivasi nitrogen yang berada pada keadaan atmosfer akan mencegah terjadinya porositas serta dapatmeningkatkan ketebalan lapisan logam . Proses pengerasan permukaan yang dilakukan pada material ASSAB XW-42

0 komentar:

Post a Comment